Skip to main content

SABLON SUBLIMASI dengan Mesin Printer Sublimasi

Sablon denan printer sublime/sublimasi/sublim merupakan salah satu inovasi sablon digital yang mulai marak digunakan dalam industri garmen dan pakaian di Indonesia. Contoh paling mudah dari sablon sublimasi /sublime/sublime dapat kita lihat pada jersey sepakbola, jersey sepeda, jersey motorcross dan atau jersey olahraga lain pada umumnya.

Pengertian sablon sublimasi sendiri ialah proses memindahkan gambar dari kertas ke bahan kain dengan bantuan heat press. Proses pencetakan ini menggunakan printer dan tinta khusus sublimasi/sublim/sublim. Tinta sublimasi adalah tinta waterbased yang memiliki sifat sensitif terhadap suhu dimana tinta akan berubah menjadi gas dibawah pengaruh suhu tinggi. Tinta ini tidak langsung dicetak pada bahan kain melainkan melalui perantaraan kertas atau transfer paper. Dengan aplikasi suhu dan tekanan tinta sublimasi akan menyerap ke dalam serat kain dan menyatu dengan material kain itu sendiri sehingga tidak menghasilkan tekstur timbul ketika dipegang. Jadi yang memindahkan gambar ke kain tetap tintanya, peran kertas disini hanya sebagai perantara untuk menampung tinta hasil cetakan dan memindahkannya ke kain atau media cetak. Hasil sablon sublimasi sangat baik dimana seluruh detail warna akan terlihat di bahan kain, tahan lama dan tidak akan luntur.



Proses akhir dari sablon sublimasi adalah proses pemindahan gambar dari media kertas ke media kain dengan tekanan dan suhu tinggi. Proses pemindahan ini menggunakan mesin heat press. Pada dasarnya mesin heat press untuk sablon sublimasi hampir sama dengan mesin heat press untuk jenis sablon lainnya, yang membedakan biasanya hanya di ukuran bidang press, suhu maksimal dan kapasitas produksi.

Biasanya untuk sablon sublimasi mesin heat press yang umum digunakan adalah mesin flatbed/ mesin press hidrolik pneumatic dan mesin roll-to-roll. Mesin flatbed ialah mesin heat press yang memanfaatkan mekanisme hidrolik untuk mengangkat dan menekan bidang press dalam proses heat press transfer. Disebut flatbed karena umumnya mesin ini menggunakan 2 bidang yaitu bidang alas dan bidang pemanas yang saling ditekankan satu sama lain dengan suhu dan tekanan tertentu selama kurun waktu yang telah ditentukan dengan bantuan hidrolik.  Hal yang perlu diperhatikan ketika akan menggunakan tipe mesin flatbed ini ialah kontrol waktu, temperatur dan tekanan. Kapasitas produksi dari mesin flatbed cukup tinggi, namun biasanya terkendala pada keterbatasan ukuran bidang press. Jika kapasitas produksi atau ukuran bidang press pada mesin press dirasa kurang maka pilihan selanjutnya dapat dijatuhkan pada mesin heat press roll-to-roll.


Berbeda dengan mesin flatbed, mesin heat press roll-to-roll menggunakan semacam motor penggerak untuk menggerakkan bidang press yang terus berputar. Disebut mesin heat press roll-to-roll karena kemampuan mesin ini untuk melakukan proses penge-pressan langsung dari gulungan kertas dan gulungan kain tanpa perlu dipotong-potong terlebih dahulu. Proses pemanasan pada mesin heat press roll-to-roll ini 2 jenis yaitu menggunakan elemen pemanas seperti pada mesin flatbed dan menggunakan oli.

Keunggulan utama dari sablon sublimasi adalah:
  1. Ketajaman warna
Warna yang dihasilkan dari sablon sublimasi sangat tajam dimana seluruh detail dan gradasi dari desain dapat dipindahkan secara sempurna ke atas kain, hal ini membuat tidak ada batasan warna atau desain dalam sablon sublimasi.
  1. Daya tahan sablon
Karena tinta sublimasi bersifat disperse atau menyerap ke dalam serat kain maka hasil dari sablon sublimasi bersifat permanen dan tidak akan luntur. Daya tahan hasil sablon sama dengan daya tahan material kain itu sendiri.
  1. Tidak ada minimum kuantiti
Segala jenis sablon digital tidak mengenal minimum order quantity, tidak seperti pada sablon manual dimana biaya produks sangat bergantung pada kuantiti; dan
  1. Bidang cetak yang besar
Karena bidang cetaknya yang besar, maka sablon sublimasi dapat digunakan untuk menghasilkan kaos fullprint atau all-over printing.



Adapun kelemahan dari sablon sublimasi adalah tidak semua jenis kain dapat diaplikasikan sablon sublimasi. Sablon sublimasi hanya dapat diaplikasikan pada kain-kain berbahan dasar poliester. Hal ini dikarenakan karakteristik kain poliester yang lebih tahan panas bila dibandingkan dengan katun. Seperti yang kita tahu, sablon sublimasi memerlukan suhu tinggi untuk merubah tinta menjadi uap agar dapat menyerap ke dalam serat kain. Selain itu sablon sublimasi hanya bisa diaplikasikan pada kain berwarna putih atau cerah. Hal ini dikarenakan sifat dari tinta sublimasi yang menyerap ke dalam serat kain dan menyatu dengan kain, dimana apabila diaplikasikan pada kain berwarna gelap maka warna dari tinta sublimasi akan “kalah” dengan warna dasar kain. Selain itu tinta sublimasi yang saat ini terdapat di pasaran tidak memiliki tinta warna putih melainkan kombinasi dari warna dasar Cyan, Magenta, Yellow & Black (CMYK) dimana untuk menghasilkan warna lainnya dilakukan proses pencampuran dari 4 warna dasar tersebut dengan bantuan komputerisasi dari mesin cetak.

Yang tetap perlu menjadi perhatian adalah hasil cetak dari sablon sublimasi tetap sangat bergantung pada kualitas tinta sublimasi dan kertas transfer paper yang digunakan dimana semakin baik kualitas tinta maka ketajaman warna dan daya serapnya pada kain akan semakin baik pula.
Demikian pula penggunaan kertas transfer khusus untuk sublimasi akan membuat hasil cetakan lebih baik dibandingkan bila menggunakan kertas HVS atau kertas koran dimana pada kertas transfer khusus untuk sublimasi terdapat lapisan khusus untuk menahan tinta agar tetap sesuai dengan desain awal (atau istilahnya tidak bleber/luntur). Adanya lapisan khusus juga membuat tinta sublimasi dapat menyerap lebih baik ke dalam serat kain karena tinta sublimasi tidak menyerap ke dalam kertas; berbeda apabila menggunakan kertas HVS atau kertas koran dimana kedua jenis kertas tersebut memiliki sifat menyerap air.

Demikian info sublimasi mengunakan printer sublimasi /sublim dan pengunaan mesin press pada umunnya

JCM Digital Solution
HP/WA: 082115559298

Bandung




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

JASA PRINT SUBLIM/ SUBLIME/ SUBLIMASI KAIN TEXTILE MURAH BANDUNG, JAKARTA, GARUT, TASIKMALAYA,CIREBON DAN JAWA BARAT - WA:082115559298

 JASA PRINT SUBLIM/ SUBLIME/ SUBLIMASI KAIN TEXTILE  MURAH BANDUNG, JAKARTA, GARUT, TASIKMALAYA,CIREBON DAN JAWA BARAT - WA:082115559298 Jasa print Sublimasi, untuk cetak bahan kain untuk jersey, kerudung, hijab, bahan tas , dan lain lain kertas lebar max 1,6 meter Kwalitas print sublimasi dengan Resolusi tinggi File gambar JPG, PNG min resolusi 150dpi ( Gambar harus siap print ) min Order 5 meter  Cuma Rp 35.000,- meter  Terima juga Print sublim + jasa press  untuk gambar desain bisa dikirim ke email : mesinprintersublimasi@gmail.com untuk Detail penawaran silakan WA ke 082115559298    

JUAL PAKET MESIN PRINTER SUBLIME/SUBLIMASI/SUBLIM MUTOH RJ 900X + MESIN PRESS HIDROLIK/PNEUMATIC 80X100cm

JUAL PAKET PRINTER SUBLIME/SUBLIMASI/SUBLIME TERBAIK UNTUK GARMENT KAOS/BAJU  JERSEY, FASHION, MUSLIM PAKET TERDIRI : MESIN PRINTER SUBLIMASI  MUTOH RJ 900X, 4 WARNA TINTA SUBLIM/SUBLIME./SUBLIMASI CMYK , MEDIA PRINT 23" KERTAS TRANSFER SUBLIME/SUBLIM/SUBLIMASI, MINIMUM DROPLET 3,2 pl, RIP SOFTWARE with WASACTH, GARANSI 1 TAHUN ( diluar Head Printer ) Spesifikasi MESIN PRINTER SUBLIMASI /SUBLIME/ SUBLIME MUTOH RJ 900X.. . .download disini .  SETIAP PEMBELIAN MESIN PRINTER SUBLIM/SUBLIME / SUBLIMASI INI SUDAH TERMASUK TINTA SUBLIMASI 1 SET CMYK  @1LTER, KERTAS TRANSFER SUBLIME 1 ROLL LEBAR 90CM X 100Mtr, WASACTH RIP,  INSTALASI dan TRAINING WALK IN. UNTUK INFORMASI BISA MENGHUBUNGI JCM Digital Solution Kompleks Muara , Jl. Muara Selatan No.12B Bandung - Jawa Barat HP/WA : 08211.555.9298 Email : mesinprintersublimasi@gmail.com